Hasil Kesepahaman bersama antara forum komunikasi pimpinan kecamatan Ubud tentang pelaksanaan pengamanan rangkaian perayaan hari raya Nyepi tahun saka 1942

Berikut isi berita acara kesepahaman bersama antara forum komunikasi pimpinan kecamatan Ubud, PHDI Kec Ubud, MADP Kec Ubud, Perbekel/Lurah se-Kec Ubud, Bendesa Desa Pekraman se-Kec Ubud, dan ketua Pecalang se-Kec Ubud tentang pelaksanaan pengamanan rangkaian perayaan hari raya Nyepi tahun saka 1942 sebagai berikut:

  1. Kami siap menjaga keamanan, ketertiban, dan bertanggung jawab dalam menjaga wilayah kami masing-masing, bersinergis dengan pihak terkait (kepolisian, koramil, pemerintak kecamatan) dalam  rangka pengamanan Perayaan hari raya nyepi tahun baru saka 1942 dan sepakat melakukan koordinasi demi keamanan dan kenyamanan wilayah.
  2. Kami berkomitmen untuk melarang beredarnya penjualan dan penggunaan petasan, meriam bambu atau bahan lainnya, mercon dan sejenisnya diwilaya kami masing-masing selama rangkaian perayaan hari raya nyepi tahun saka 1942.
  3. Kami sepakat dalam pembuatan ogoh-ogoh harus menyerupai buta kala, dsn tidak diperkenankan tokoh politik atau pemerintah  dan tidak diperkenankan menggunakan atribut politik, partai politik, atau atribut pasangan calon (paslon pilkada) pada ogoh-ogoh dan  pengarakannya masing-masing.
  4. Kami sepakat pengarakan ogoh-ogoh hanya boleh dilaksanakan di wilayau banjar/desa pekraman masing-masing dan tidak boleh melewati batas banjar/desa pekraman lain ( kecuali ada koordinasi dengan banjar/desa pekraman yang akan dilewati), serta pelaksanaan dimulai pkl.18.00 wita (sesuai kondisi desa pekraman masing-masing) sampai dengan paling lambat berakhir pkl.24.00 wita, Dan pengarak ogoh-ogoh tidak diperbolehkan membawa minum - minuman  keras yang mengandung alkohol dan tidak diperkenankan membawa senjata tajam, bahan peledak, kembang api, meriam bambu atau bahan berbahaya lainnya yang dapat mengganggu ketertiban umum.
  5. Para peserta penggusung ogoh ogoh wajib menunjuk seorsng koordinator / ketua yang bertanggung jawab dalam menjaga keamanan dan ketertiban masing masing.
  6. Demi kelancaran dan keamanan lalu lintas kami sepakat menempatkan ogoh ogoh sebelum diarak ditempatkan dipinggir jalan Raya utama dan setelah selesai pengarakan akan di prelina atau dibakar di setra/kuburan  atau ditempat yang ditentukan oleh desa pekraman setempat.
  7. Kami bertanggung jawab atas komitmen kami tersebut diatas untuk menjaga ketertiban , keamanan wilayah masing masing dan apabila terjadi pelanggaran sesuai dengan kesepahaman, kami sepakat untuk ditindak sesuai dengan aturan yang ada baik secara hukum pidana maupun hukum adat yang berlaku.
  8. Terkait dengan teknis pelaksanaan perayaan hari raya Nyepi tahun saka 1942 tetap mengacu kepada surat edaran Prov Bali No.010/PHDI-BALI/I/2020.

Rapat koordinasi dalam rangka Pengamanan hari raya Nyepi 2020 dilaksanakan dalam rangka menciptakan stabilitas yang aman dan tentram dalam rangka hari raya Pengerupukan yang jatuh pada hari Selasa tgl 24 Maret 2020 dan untuk menyambut hari raya Nyepi tahun baru saka 1942 yang jatuh pada tanggal 25 Maret 2020 di wilayah Kecamatan Ubud.