Profil Desa Peliatan

Berkembangnya pariwisata di Bali dengan baik, cukup mendongkrak keberadaan desa wisata seperti yang kita temukan di desa Peliatan, Kecamatan Ubud. Banyak wisatawan berkunjung ke sini karena mereka bisa dengan mudah menemukan hasil karya cipta seni kerajinan masyarakat setempat, selain itu pergelaran kesenian rutin dan berkala sering menjadi sebuah pertunjukan yang dinantikan oleh wisatawan. Keberadaan masyaraktnya masih memegang teguh budaya serta tradisi yang diwariskan oleh nenek moyangnya, dan berjalan lestari sampai sekarang ini.

Desa Peliatan berada sekitar 2 km dari pusat kota Ubud yang menjadi salah satu objek wisata di Bali paling populer, dan sekarang menjadi bagian agenda kunjungan wisatawan saat perjalanan tour. Desa Peliatan berada dalam transisi jaman ke arah serba modern, pengaruh-pengaruh budaya luar yang semakin kuat, namun tata cara kehidupan dan budaya tradisional masih mendominasi. Sehingga ini juga yang menarik kedatangan wisatawan ke tempat ini, dari sini bisa diketahui minat wisatawan mengunjungi pulau Dewata ini, bukan karena keindahan alamnya saja tetapi juga berkaitan dengan budaya, tradisi, seni dan sejarah.

Wisatawan yang berkunjung ke Desa Peliatan juga antusias untuk membeli hasil kerajianan masyarakatnya, mereka juga antusias untuk menyaksikan pementasan kesenian yang sering kali digelar, para pelancong bisa menemukan dengan mudah berbagai hal yang berkaitan dengan kehidupan tradisional, dimana sekarang sangat jarang bisa ditemukan dalam jaman yang serba modern, itulah budaya dan tradisi yang mengikat kehidupan masyarakatnya, sebuah tanggung jawab moral untuk tetap melestarikan budaya leluhurnya, dan keberadaanya kini sangat tepat menjadi desa wisata.

Semua yang berbau seni dan kerajinan rakyat ditonjolkan, penduduknya sendiri cukup padat, sebagian masih menekuni mata pencaharian sebagai petani, menggarap tanah persawahan dan sebagian berkecimpung dalam kepariwisataan seperti dalam berkesenian yang menghasilkan kreasi seni ukir, patung, tari dan seni lukis. Perkembangan seni lukis dan patung di desa peliatan sendiri sudah berkembang pada jaman masuknya pengaruh Hindu, perkembangannya saat itu masih sempit,hanya berhubungan dengan kepentingan keagamaan. Namun setelah masuknya seniman asing bernama R. Bonet dan menetap di Ubud, seniman Peliatan mendapat pengaruhnya sehingga terkenal ke mancanegara sampai sekarang.

Wisatawan yang ingin belajar berkesenian seperti menari ataupun tabuh anda bisa menemukanya di Desa Peliatan. Lokasinya di Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, hanya berselang 40 menit berkendaraan dari Denpasar, dan sekitar 20 menit dari kota Gianyar. Tempatnya sangat mudah ditemukan, kondisi jalan menuju desa juga memadai, anda bisa sewa mobil setir sediri ataupun bisa dengan supir agar perjalanan lebih menyenangkan. Atau bisa ikut paket tour di Bali yang telah kami kemas sambil mengunjungi objek wisata populer lainnya.

Sumber :   http://www.balitoursclub.com/berita_357_Desa_Peliatan.html